7 Karakteristik Karyawan Berprestasi – Ary Ginanjar Agustian

karyawan berprestasi

Memulai karier sebagai karyawan bukan sesuatu yang buruk. Karyawan berprestasi memiliki karakteristik yang membuka kesempatan untuk menjadi calon orang sukses. Para pakar di seluruh dunia biasanya memulai karier sebagai karyawan teladan. Mereka mengumpulkan prestasi dan membangun karakteristik yang mendukung perkembangan karir. Hal ini bahkan didukung oleh penelitian yang mengaitkan sifat positif dengan kesuksesan.

Jika Anda saat ini adalah karyawan, atau baru memulai karier di kantor baru, pastikan mengembangkan karakteristik positif. Hal ini akan memudahkan Anda untuk menapaki jenjang karir yang semakin tinggi serta meraih kesuksesan.

Sifat-Sifat Karyawan Berprestasi

Pada tahun 2017, Career Builder dan Harris Poll melakukan survei terhadap 2.000 staf dan manager HRD yang bertugas merekrut pegawai. Hasilnya menunjukkan bahwa 70 persen responden menganggap soft skill sama pentingnya dengan hard skill. Berikut tujuh karakteristik karyawan berprestasi yang mendukung perkembangan karir, menurut para responden.

  • Bertanggung Jawab

Karyawan yang baik memegang teguh tanggung jawab serta komitmen untuk menyelesaikan tugas. Mereka juga mampu menepati tenggat waktu dan tuntutan kerja sesuai ekspektasi, bahkan lebih. Sifat bertanggung jawab juga bermanfaat untuk karyawan yang bekerja dalam tim, atau di perusahaan dengan sedikit pegawai.

73 persen responden berpendapat bahwa sifat ini menjadi penentu antara karyawan yang baik dan buruk. Mereka cenderung lebih mempertimbangkan calon karyawan yang menunjukkan niat untuk menyelesaikan tugas-tugas mereka sesuai tuntutan.

  • Mampu Berkomunikasi dengan Baik

Setiap calon orang sukses menunjukkan kemampuan untuk menyampaikan isi pikiran dengan baik. Selain efektif untuk menyampaikan ide, kemampuan berkomunikasi juga membantu menghindari salah paham. 56 persen responden menekankan keahlian berkomunikasi sebagai salah satu faktor penilai calon karyawan.

Kemampuan komunikasi tidak hanya dinilai lewat lisan. Karyawan berprestasi dan yang baik mampu menyampaikan pesan dan ide lewat tulisan.

  • Mampu Beradaptasi dengan Baik

Lingkungan pekerjaan yang dinamis menuntut karyawan untuk beradaptasi dengan baik. Sekitar 51 persen responden setuju bahwa karyawan ideal harus fleksibel dan cepat menyesuaikan diri dengan situasi atau tantangan baru. Hal ini bisa mencakup tanggung jawab atau sifat pekerjaan yang berbeda.

Kemampuan beradaptasi juga membuat Anda mendapat nilai lebih saat perusahaan mengalami perubahan tidak terduga. Anda mungkin tidak langsung memiliki sifat ini saat melamar kerja, namun Anda bisa melatihnya.

  • Etos Kerja Tinggi

Sekitar 73 persen responden menuntut etos kerja tinggi sebagai salah satu syarat menjadi karyawan. Etos kerja mencakup kemauan karyawan untuk memberikan upaya serta hasil lebih dan menunjukkan kemauan berkembang.

Karyawan seperti ini biasanya adalah calon orang sukses. Mereka lebih mungkin menjajaki jenjang karir lebih tinggi dan mendapat kepercayaan lebih dari atasan.

  • Memiliki Kepribadian Positif

Kepribadian positif seperti ramah, senang menolong, dan selalu menularkan “energi baik” berperan penting dalam membentuk suasana lingkungan kerja. Sekitar 72 persen responden yakin bahwa sikap positif adalah salah satu bagian penting dari karyawan ideal.

Kepribadian positif juga ditunjukkan dari reaksi karyawan tersebut saat melakukan kesalahan. Karyawan ideal akan menerima sanksi dengan baik dan menunjukkan kemauan untuk memperbaiki kesalahan, bahkan meningkatkan dirinya.

  • Antusiasme dan Motivasi Mandiri

Karyawan ideal harus mampu bekerja dengan sesedikit mungkin instruksi. Sekitar 46 persen responden yakin bahwa karyawan yang mampu bertindak secara mandiri lebih berpeluang sukses. Motivasi mandiri juga menentukan apakah karyawan tersebut menunjukkan antusiasme dalam pekerjaan atau tidak.

  • Kemampuan Bekerja Sama

Akhirnya, karyawan yang baik harus bisa bekerja sama dengan tim saat diperlukan. 72 persen responden menyukai karyawan yang memiliki orientasi tim. Mereka mampu mendengar dan berkomunikasi dengan baik serta mampu bekerja demi kepentingan perusahaan bersama-sama.

Semua kualitas ini bisa Anda pupuk dari sekarang. Jika hal itu sulit, jangan khawatir. Ada pelatihan yang bisa Anda ambil untuk mengembangkan Anda menjadi karyawan berprestasi.

Tips Melatih Karakteristik Karyawan Positif

Pelatihan seperti ESQ Training tersedia untuk mengembangkan karakteristik positif. Anda bisa belajar mengembangkan potensi sifat-sifat positif yang sudah ada dalam diri, namun kurang mendapat perhatian. Dengan pelatihan ini, Anda bisa belajar mengembangkan kedisiplinan, motivasi, sifat positif, dan hal baik lainnya secara utuh.

Menjadi calon orang sukses membutuhkan usaha, di mana pun Anda bekerja. Miliki ketujuh sifat di atas, dan raih kesuksesan dengan menjadi karyawan berprestasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *